Kamis, 03 September 2015

Berbagi Pengalaman Phalcon [Story]

Bismillah, 
Apa kabar brow, ini pertama kali gw mencoba Phalcon. 
Bagi master2 Phalcon mohon bimbingannya yaaaa... 
Kenapa gw tertarik dengan Phalcon?... 
Kabarnya Phalcon merupakan Framework dengan size terkecil (untuk sekarang ini) dan proses loadnya cepet, jadi untuk membuat aplikasi-aplikasi berbasis web bisa lebih ringan dan tentunya ukuran file yang relatif kecil (harapanya sih...). 

[Oya, sori banget klo tulisan saya berantakan. Setelah sekian tahun berhenti menulis (kecuali menulis script)] 

Baik, gw mulai berbagi pengalaman menggunakan Phalcon. Awalnya, gw males menggunakan framework untuk proyek2 gw... eh maksudnya aplikasi2 belajar gw hehe...
Namun seiring bergulirnya waktu, keinginan tersebut mulai hilang... akhirnya milih2 framework... mulai dari CI sampai YII (padahal cuma 2 itu yg dipelajari hehe...). 
Setelah melalui proses searching akhirnya nemu yang namanya Phalcon... Dalam hati berbicara "apa itu phalcon?..." nama yang unik... trus baca2 dikit... ooo ternyata framework php. 
Gw coba donlot trus coba install dan hasilnya... JREEEENG.... Phalcon gak kedetek... 
Haduuuh... kok bisa ya... padahal udah sesuai petunjuk. 
Akhirnya, males lagi pake framework... 

Dalam keheningan, gw merenung... dari sekian project app ketemunya itu2 aja... ADD, EDIT, DELETE, TABEL & LAYOUT(CSS). 
Pake generator gak seru dan gak sesuai keinginan imajinasi gw... 

Setelah utak atik akhirnya menemukan metode yang singkat untuk membuat aplikasi tanpa perlu banyak nulis kode. Sementara gw kasih nama Auto PHP Processoring System (pakek bahasa linggis biar keren dikit laaah...) tapi ukuran file masih terlalu besar menurut gw (6,80MB) dengan tanpa framework. 

Alhamdulillah menemukan phalcon dengan harapan hasil dari Auto PHP gw semakin kecil sizenya yah maksimal 2MB (bisa gak yaaaa....) 

OK, semangat membara kembali... 

HARI PERTAMA DENGAN PHALCON [lagi...]
Installasi xampp versi terbaru dah kelar, sekarang coba intall phalcon lagi... dengan perasaan campur aduk akhirnya... 
BERHASIIILLLL... 
Dengan perasaan senang akhirnya gw ketik localhost/phalcon-id/ (dah gw rename file Tutorialnya)... dan hasilnya... 

PhalconException: IndexController handler class cannot be loaded

waduh... kok bisa...

Setelah searching & baca2 tutorialnya ternyata ketemu permasalahannya...
gw buka file di C:\xampp\htdocs\phalcon-id\app\views\index.phtml

    // Setup a base URI so that all generated URIs include the "tutorial" folder
    $di['url'] = function() {
        $url = new Url();
        $url->setBaseUri('/tutorial/');
        return $url;

    };

dirubah menjadi


    // Setup a base URI so that all generated URIs include the "tutorial" folder

    $di['url'] = function() {
        $url = new Url();
        $url->setBaseUri('/phalcon-id/');
        return $url;
    };

karena udah gw rename tu folder...
dah akhirnya dapat sapaan dari si phalcon...

Hello !

Sign Up Here!

begitu katanya...

wuaaa.... senengnyaaa....

[...berlanjut...]

1 komentar: